EMPAT DOSEN STAI AT TAQWA “SABET” TIKET ANCOMS 2019

1 Comment

Bondowoso.  Empat Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At Taqwa  Bondowoso Berkontribusi pada Annual Conference for Muslim Scholar (ANCOMS)  yang diselenggarakan oleh Kopertais IV Surabaya, Sabtu dan Ahad, 23-24 Nopember 2019.

Empat dosen STAI At Taqwa tersebut, Suheri, Abd. Wasik, Abd. Hafidz dan M. Yazid Mubarok yang lolos dan telah berkompetisi dengan 190 penulis lainnya, Mereka manjadi bagian dari 100 presentator dari seluruh PTKIS/PTN yang mengikuti kegiatan ini.

Pada konferensi tahunan tersebut, masing-masing presenter mempresentasikan beberapa artikelnya dalam kategori pendidikan, Hukum Islam, Pemikiran Islam :

  1. SUHERI judul paper “ARAH BARU PENDIDIKAN ISLAM PASCA UU PESANTREN”
  2. ABD. WASIK judul paper “RESOLUSI FIQH INDONESIA: ANTARA KONSEP DAN REALITAS (STUDI ANALISIS TERHADAP PEMBERLAKUAN FIQH DI INDONESIA)”
  3. MOHAMMAD YAZID MUBAROK judul paper “BENTUK PEMERINTAHAN ISLAM PERSPEKTIF NAHDLATUL ULAMA’ DALAM KONTEKS KEINDONESIAAN”
  4. ABD. HAFID judul paper “FENOMOLOGI ANNIMARIE SCHIMMEL “TELAAH TERHADAP KONTRIBUSI ANNIMARIE SCIMMEL

Paper-paper tersebut  di presentasikan secara paralel mulai jam 19.00 sd jam 23.00 wib dan dilanjutkan keesokannya mulai jam 08.00 sd jam 11.30 wib. “Alhamdulillah semuanya selesai. Kegiatan ini ANCOMS ketiga ini bukan hanya untuk dosen, tapi juga Acecor dan peneliti. Banyak presentator yang aktif berpartisipasi sejak ANCOMS 1 dan ANCOMS 2 termasuk Suheri sudah “hatrick” di ANCOMS tersebut. Konferensi ini sebenarnya menjadi ajang saling sharing pengalaman, menjalin relasi antar dosen dan ajang untuk me “push” kemampuan dosen. Selain itu tentunya keikutsertaannya merupakan wujud komitmen STAI At Taqwa Bondowoso untuk menjalankan salah satu tridharma pendidikan, berupa penelitian.

The 3rd Annual Conference for Muslim Scholars ( The 3rd AnCoMS) berlangsung lancar dan sukses.  Acara dibuka oleh Dirjen Pendis Kemenag RI, diawali pengarahan Koordinator Kopertais Wilayah 4 Surabaya, Prof. Masdar Hilmy yang diselenggarakan di  Twin Tower Theater, UINSA Surabaya kemaren (23/11). Dalam pengarahannya Hilmy memberikan apresiasi penuh kepada seluruh panitia pelaksana atas kerja kerasnya mewujudkan acara dengan tema, ‘The Creation of Muslim Polity in Indonesia: Challenges and Opptortunities.’ AnCoMS-3 diharapkan semakin memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan keilmuan dan penelitian perguruan tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di bawah koordinasi Kopertais wilayah 4 Surabaya. Ke depan AnCoMS sudah harus dikemas dengan baik dan produk penelitian kian lebih berkualitas hingga dapat terakreditasi secara internasional, tegasnya.

Acara pembukaan dihadiri oleh para pejabat di lingkungan UINSA, Kopertasi Wilayah 4, dan precenter dan participant dengan kapasitas ruangan penuh sesak tidak kurang dari 500 audience. Acara yang dibuka oleh Dirjen Pendis Kemenag RI dilanjutkan dengan sesi seminar yang diisi oleh Prof. Ismail Fajriw Alatas, Ph.D dari New York University; Prof. Masykuri Abdillah, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta; Dr. Jajang Jahroni, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Paparan mereka memberikan testimoni tentang berbagai hal terkait: “Muslim Polity Perspective of Islamic Thought; Muslim Polity Perspective of Islamic Education; Muslim Polity Perspective of Islamic Communication; Muslim Polity Perspective of Islamic Law; Muslim Polity Perspective of Islamic Culture and Civilization; Muslim Polity Perspective of Interdisciplinary and Multidisciplinary.” Lewat paroh hari acara diakhiri dengan doa dan ramah tamah.

The 3rd AnCoMS yang diselenggarakan mulai tanggal 23-24 November 2019 dibagi dalam dua sesi, yakni sesi pertama pembukaan dan kedua diskusi panel dari 100 precenter berdasarkan surat edaran naskah selektif daripada 173 pengirim naskah AnCoMS 2019. Usai acara pembukaan para panelis berpindah tempat di Suite Surabaya Hotel di Jalan Pemuda, Surabaya. Sejenak berbenah pada 14.00 para panelis terbagi tiga ruang,  hingga dini hari berlangsung panel masing-masing tema yang diangkat oleh para precenter. Acara dilanjutkan pada tanggal 24 Noverber 2019 di tempat yang sama dan seluruh precenter dapat menyelesaikan tugas masing-masing. Berakhir pada 10.00 dengan dilanjutkan acara penutupan AnCoMS yang dihadiri para pejabat Kopertais 4 Surabaya, serta yang lebih memberikan kesan tersendiri adalah atas kehadiran Prof. Ismail Fajriw Alatas, Ph.D dari New York University yang masih setia sampai titik penghabisan pada acara tersebut, Barakallah, Jazakumullahu Khairan Katsira, amin.

 

 

 

One Reply to “EMPAT DOSEN STAI AT TAQWA “SABET” TIKET ANCOMS 2019”

Comments are closed.