Selamat! Prodi MPI STAI At Taqwa Raih Akreditasi A

Civitas STAI at Taqwa Bondowoso  kembali menutup akhir tahun  dengan capaian luar biasa. Pasalnya, setelah Akredtias Institusi yang mendapatkan predikat Baik kini kampus yang telah mendeklarasikan sebagai kampus Santri di Bondowoso ini  akhirnya berhasil mendapatkan akreditasi B untuk Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) .

Predikat ini didapatkan setelah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan keputusan No. 7579/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020 yang dikeluarkan pada 18  November 2020.

Dari hasil akreditasi ini, Kini Kampus yang usianya sudah memasuki 19 tahun ini memiliki dua Prodi yang sama-sama telah terakreditasi B yakni Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Disamping itu Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang lebih dahulu dilakukan assestment atau penilaian hingga kini sudah dalam tahap menunggu hasilnya, karena waktu penilaian akreditasi sejatinya lebih awal PGMI dibandingkan MPI.

Capaian tersebut tentu menjadi berkah tidak hanya untuk civitas akademika, tetapi juga segenap alumni khususnya di prodi MPI yang sedang ataupun akan digunakan dalam berkompetisi di dunia kerja. Apalagi di akhir tahun nantinya STAI At Taqwa Bondowoso akan menggelar wisuda ke XIII.

Hasil tersebut tentunya merupakan hasil kerja tim dan sinergitas antara semua komponen. Sebab terdapat tujuh standarisasi yang dilakukan penilaian, diantaranya adalah: Visi, misi, tujuan dan strategi pencapaiannya; Tata pamong, kepemimpinan, sistem pemeliharaan dan penjaminan mutu; Mahasiswa dan lulusan; Sumber daya manusia; Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; Pembiayaan, sarana dan prasarana, dan sistem informasi; Penelitian, pelayanan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Tim Akreditasi STAI At Taqwa Bondowoso sendiri  telah lama melakukan berbagai persiapan akreditasi institusi dan prodi bahkan sejak  setahun yang lalu tim sudah bekerja.  Dalam proses penilaian secara online sesuai pedoman  tim Asesor telah  memeriksa data, informasi, dan bukti yang telah disiapkan oleh institusi perguruan tinggi terkait dan juga keadaan teknis lainnya di lokasi kampus dengan mewawancarai dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, hingga mitrakerja sebagai penggunaa jasa yang dianggap perlu, serta mengobservasi secara online kegiatan dan fasilitas pendukung dan Alhamdulillah hasilnya sesuai harapan semua pihak. (*)

Categories: AKADEMIK, KELEMBAGAAN