DI TENGAH PANDEMI, WISUDA MELEWATI PROTOKOL SUPER KETAT

STAI At Taqwa Bondowoso telah selesai menyelenggarakan Wisuda Angkatan XIII di halaman Kampus Santri di Jln. Hos Cokroaminoto Kademangan Bondowoso.  Prosesi wisuda  kali ini sangat unik dan banyak hal yang baru sehinga formulasi konsep wisuda juga berlangsung unik karena berbeda dengan tahun sebelumnya, bukan hanya karena tanggal dan bulan pelaksanaannya yang unik yakni 12-12-20-20

Pasalnya, wisuda ke Angkatan ke XIII ini merupakan wisuda pertama kalinya digelar di halaman kampus At Taqwa setelah dua belas kali sebelumnya dilangsungkan di hotel. Selain itu, Wisuda kali ini merupakan wisuda tercepat yang pernah digelar di STAI At Taqwa Bondowoso setiap sesi hanya digelar selama dua jam. Bahkan, dalam sehari dilangsungkan dua kali wisuda, Keunikan ketiga pertama kalinya dalam sejarah sejak berdirinya pelaksanaan wisuda di pisahkan antara wisudawati yang di laksanakan pada sesi 1 dengan jumlah 125 peserta dan sesi 2 digelar dengan jumlah 93 peserta wisuda. Pemisahan ini akhirnya mengokohkan bukan hanya pembelajaran dikelas saja yang single sex class (pemisahan kelas putra dan putri) bahkan hingga wisuda juga demikian. Keunikan berikutnya saat pelaksanaan wisuda semua peserta wajib mengikuti protokol kesehatan mulai dari Masker, Faceshield, sarung tangan, handsanitizer per mahasiswa dan thermogun diwajibkan bagi siapapun yang memasuki ruang acara.

Prosesi Memasuki Ruangan dengan Masker, Faceshiel dan sarung tangan lengkap

Hal itu semua bukannya tanpa sebab, sebagaimana sudah dimaklumi bersama tidaklah mudah menggelar acara wisuda di tengah Pandemi yang kini melumpuhkan berbagai kegiatan dan aktifitas seperti pembelajaran di kelas dan proses kegiatan lainnya. Demikian pula menggelar wisuda yang mendatangkan orang dari berabagai daerah di wilayah kota Tape ini.

Meskipun acara wisuda ini sudah mengalami penundaan selama kurang lebih dua bulan karena ijin ataupun rekomendasi pelakasanaan yang belum turun, Namun sejak Kamis, 10 Desember 2020 kemarin rekomendasi Bupati Bondowoso sudah terbit maka STAI At Taqwa memantapkan diri untuk melaksanakan wisuda yang sudah lama disiapkan.

Tentunya protokol kesehatan (Prokes) yang diterapkan sangat dan super ketat, mengingat kabupaten Bondowoso pada bulan ini mengalami peningkatan yang cukup tajam terkait kasus covid yang telah terkonfirmasi bahkan tidak sedikit diantaranya meninggal dunia.

Maka, berbagai upaya koordinasi dan kerjasama semua pihak dilakukan bahkan sejak pelaksanaan geladi bersih, panitia sengaja melibatkan unsur Tim Gugus Tugas Kabupaten Bondowoso baik Kepolisian, TNI, Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan dan lain-lain untuk memberikan penjelasan terkait protokol kesehatan yang harus diikuti khususnya oleh mahasiswa dan wali mahasiswa saat pelaksanaan. Sebab Kampus sendiri sudah berikhtiar menyiapkan semua kelengkapan protokol kesehatan bahkan saat pemberian toga sudah disertakan Masker, Faceshield, sarung tangan, handsanitizer per mahasiswa serta wajib cuci tangan dan cek suhu tubuh melalui thermogun saat akan masuk ke acara.

Dengan digelarnya rapat senat terbuka pertama kalinya di kampus Santri tersebut diharapkan berkah dan barokahnya tumbah dan bertambah di lingkungan Kampus StAI At Taqwa lebih dari itu semua lingkungan yang berada di bawah naungan Yayasan At Taqwa mulai TPQ, TK, MI dan Mts At Taqwa. Apalagi saat ini Yayasan at Taqwa sedang memiliki gawe besar yaitu menuntaskan gedung yang akan dipergunakan untuk MTs At Taqwa. Menurut Ketua Yayasan At Taqwa KH. Drs. Imam Barmawai Burhan,  pelaksanaan Wisuda tahun ini akan menjadi contoh dan diikuti oleh wisuda berikutnya baik oleh TK, MI dan MTs dan akan digelar di tempat yang sama atau kalau tidak di Masjid Agung At Taqwa. Sampai nanti terbangun DOM ataupun Ballroom yang rencanya akan didirikan dengan luas 40×40 meter. Oleh karena itu, untuk mengharapkan keberkahan di kompleks At Taqwa yang berlokasi di Kademangan tersebut seminggu sebelum wisuda digelar acara semaán al Qurán dan Sholawatan Dzikrul Ghofilin bahkan di puncak acara wisuda digelar pula sholawatan bil Qiyam.