PEMBENTUKAN IKATAN ALUMNI STAI AT-TAQWA BONDOWOSO PERIODE 2021-2026

Terbentuknya Ikatan Alumni dalam sebuah pergurutan tinggi sangatlah penting disamping untuk menguatkan eksistensi perguruan tinggi dan peran alumni dalam dunia kerja juga sebagai wadah atau sarana silaturrahmi lulusan antar alumni, sehingga antara alumni yang satu dengan yang lain dapat saling memberikan informasi yang berkaitan dengan kesempatan berkarir, media bertukar informasi dan pengetahuan keterampilan para alumni.
Secara internal institusi, ikatan alumni juga memiliki fungsi sebagai media rekam jejak lulusan (tracer study). Bagi perguruan tinggi, tracer study dapat menjadi indikator untuk mengetahui serapan lulusan, dimana mereka bekerja, dan bidang pekerjaan yang ditekuni oleh para lulusan. Dalam penilaian akreditasi Perguruan Tinggi, tracer study juga saat ini menjadi penilaian dalam aspek bidang program studi. Pelaporan tracer study menjadi aspek penting, ikatan alumni tidak hanya penting sekedar untuk memenuhi syarat dalam administrasi akreditasi, namun juga dapat berperan mengenalkan nama institusi dan meningkatkan reputasi nama baik institusi Perguruan Tinggi pada masyarakat luas. Lebih dari itu ikatan alumni juga diharapkan mampu menjembatani para lulusan baru dengan para alumni yang saat ini sudah bekerja, sehingga diharapkan mereka dapat terjun ke dunia kerja melalui informasi dari para alumni tersebut.
Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu adanya sinergitas alumni. Oleh karena itu, Ketua STAI At-Taqwa Bondowoso Bapak Dr. H. Akhmadi, M.Pd.I beserta Bapak Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan “Bapak Dr. Agus Fawait, M.Pd.I” mengadakan pertemuan dengan beberapa jajaran alumni perwakilan dari setiap angkatan. dalam pertemuan tersebut banyak hal yang dibahas terutama berkaitan dengan sinergitas STAI At-Taqwa Bondowoso dan Alumni serta perannya di masyarakat dalam menyongsong Misi STAI sebagai kampus santri Aswaja An-Nahdliyah. Setelah melakukan kegiatan diskusi panjang lebar, akhirnya terbentuklah Ikatan Alumni STAI At-Taqwa Bondowoso dengan dipandu langsung oleh Bapak Dr. Suheri, M.Pd.I,.
Berdasarkan hasil pemilihan yang dilakukan secara aklamasi, terbentuklah Ikatan Alumni STAI At-Taqwa Bondowoso Periode 2021-2026. Sukandar, S.Pd.I sebagai ketua terpilih dalam sambutannya menyampaikan bahwa STAI At-Taqwa Bondowoso sebagai kampus Islam tertua di Bondowoso dan para alumninya sudah tersebar diseluruh pelosok Bondowoso harus saling bersinergi demi kemajuan lembaga dan alumni, karena manfaatnya STAI At-Taqwa Bondowoso sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, terbukti banyak dari sekian alumni yang sudah menjadi orang-orang terpandang mulai dari tokoh masyarakat, kyai, guru (Swasta, ASN), dan lain sebagainya.
Kita berharap semoga dengan terbentuknya kembali wadah alumni dapat memperkuat hubungan antara kampus dan para alumni serta saling bersinergi dengan baik, sehingga kampus memiliki reputasi melalui peran alumni, begitu juga para alumni akan semakin bangga menyebut almamaternya karena adanya wadah ikatan alumni tersebut.
Categories: KEMAHASISWAAN