PERSALI KKN STAI AT TAQWA BONDOWOSO

PERSALI KKN STAI AT TAQWA

Tahun 2019 Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAI At Taqwa kembali menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang Pengabdian kepada masyarakat yang berlokasi di kecamatan Pujer dan Tlogosari. Misi yang dibawa dalam KKN ini yaitu KKN Tematik Posdaya Berbasis  Masjid.  Sejak pemberangkatannya oleh Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin tanggal 11 Februari 2019 di Pendopo Kabupaten Mahasiswa dari prodi PAI, MPI dan PGMI diterjunkan ke berbagai wilayah tersebut dengan dibagi menjadi 14 Posko.

KKN Tematik Posdaya berbasis masjid memiliki misi meningkatkan taraf hidup masyarakat di lokasi KKN dengan menjadikan masjid sebagai basis sentral dalam melahirkan spirit dan ruh pemberdayaannya. Diharapkan dengan KKN Posdaya berbasis masjid, masyarakat kian meningkat taraf hidupnya dan masjid juga mendapatkan kontribusi atas hasil kegiatan masyarakat di desa binaan.

Pada Hari Ahad, 24 Februari 2019 kemarin Pihak kampus dan mahasiswa melakukan Monitoring dan Evaluasi yang dikemas dalam persali (Pertemuan seminggu sekali) di Balai Desa Sulek Tlogosari. Agenda yang dilakukan yaitu merumuskan bentuk Posdaya dan mengevaluasi progres program kegiatan mahasiswa selama 2 pekan.

Mahasiswa sebagai agen perubahan berperan sebagai motivator, dinamisator, innovator, danfasilitator bagi masyarakat yang binaannya.  Proses KKN ini diharapkan mendorong mahasiswa dalam melakukan proses pembelajaran timbal balik antara mahasiswa dan masyarakat. Proses pembelajaran KKN Tematik Posdaya ini diharapkan membekali mahasiswa membentuk soft skills yang bagus, antara lain berupa:

  1. Kepekaan penghayatan kemanusiaan,
  2. Pengabdian/kepedulian kepada masyarakat,
  3. Kemampuan berbagi pengetahuan dan pengalaman pengabdian,
  4. Pengembangan/penemuan pengetahuan baru,
  5. Kemampuan leadership (kepemimpinan), interpreneurship dan kerjasama (team work).

Pihak Kampus berharap semoga semua program berjalan lancar dan terus menerus tetap eksis walaupun Mahasiswa KKN STAI At Taqwa meninggalkan lokasi KKN, Selamat semua mahasiswa KKN STAI At Taqwa Bondowoso. Amin