Satu-Satunya Perguruan Tinggi di Bondowoso yang menggunakan Pelayanan Cepat dengan Sistem Digital

STAI At Taqwa Bondowoso kembali menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru. Pada tahun 2022 ini sebanyak 383 siap bergabung dengan Kampus Santri tersebut. Uniknya, kegiatan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, sebelum pelaksanaan kegiatan Pra dan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) Kampus yang dipimpin Bapak Dr. Suheri, M.Pd.I ini menggelar kegiatan registrasi serentak berupa pemberkasan dan penyerahan hak-hak mahasiswa seperti Kopyah, kerudung, Buku pedoman KTI dan A’malul Yaumiyah yang berisi Do’a-doa dan Dzikir yang terbiasa diamalkan di Kampus Santri ini. Selain itu hal unik yang juga dilakukan serentak berupa penuntasan pencetakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM pada hari Senin dan Selasa. Artinya mahasiswa bisa langsung menerima KTM saat itu juga.

Tahun ini kegiatan registrasi serentak dinilai efektif dan efisien karena mahasiswa diberi waktu pelayanan khusus untuk menyelesaikan administrasi dan penyerahan atribut kampus pada mereka. Selain itu, panitia juga tidak perlu melayani setiap waktu untuk menunggu kelengkapan administrasi. Kelebihannya segala kendala administrasi bisa dideteksi lebih awal termasuk bisa dituntaskan melalui pendampingan pada mahasiwa baru yang ada. Sehingga lebih mudah dalam pengawasan dan pendampingan pada SIAKAD kampus.

Sebanyak mahasiswa yang ada tersebut terdiri dari mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Tahun ini Kampus yang berlokasi di Jl. Hos Cokroaminoto ini juga dipercaya untuk mengelola 30 mahasiswa baru yang menerima bantuan dari pemerintah Provinsi (Pemrov) Jawa Timur. Beberapa program beasiswa yang diberikan tahun ini kepada mahasiswa baru yaitu beasiswa Tahfidz, beasiswa Santri Berprestasi, beasiswa KIP dari Kementerian Agama RI, Beasiswa Satu KK, Beasiswa untuk Guru Madin dan beasiswa dari Badan Amil Zakat (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur.

Mereka juga turut berpartisipasi dalam kegiatan pra PK2MB dan PK2MB tersebut. Sejak Kamis, 15 September 2022 mahasiswa STAI At Taqwa Bondowoso telah mengikuti kegiatan pra PK2MB dan dilanjutkan kegiatan opening mulai Jumat, 16 September 2022 di Aula STAI At Taqwa. Pada kegiatan pembukaan PK2MB tersebut langsung di buka oleh Ketua STAI At Taqwa Bondowoso yakni bapak Dr. Suheri, M.Pd.I. Kemudian diisi dengan pengarahan langsung oleh Ketua Yayasan At Taqwa Bondowo yaitu Drs. KH. Imam Barmawi Burhan. Kegiatan PK2MB ini dilakukan di dua tempat yaitu di lingkungan Kampus STAI At Taqwa Bondowoso dan penutuan hari Ahad, 18 September 2022 di lingkungan Masjid Agung At Taqwa Bondowoso. Kegiatan penutupan di masjid Agung At Taqwa tentu bukan tanpa alasan. Hal ini bertujuan mendekatkan hati semua civitas akademik dengan Masjid disamping itu mengingatkan kepada semua bahwa STAI At Taqwa sebagai kampus santri lahir dan berasal dari rahim masjid Agung At Taqwa ini. Pada kegaitan penutupan PK2MB tersebut diikuti oleh 800 an peserta yang terdiri dari unsur yayasan, semua dosen dan tenaga kependidikan, pengurus ormawa (Panitia), mahasiswa baru dan wali mahasiswa/mahasiswi. Kegiatan penutupan diawali dengan sholat Ashar berjama’ah dan sholawat bersama serta kegaitan penutupan secara ceremonial.

Pendaftaran mahasiswa baru kini juga bisa dilakukan secara online melalui Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Pendaftaran online ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada mahaasiswa yang ada diluar kota, bahkan untuk pembayaran juga bisa dilakukan langsung pada bank yang telah bermitra dengan Kampus. Harapannya program dan terobosan tersebut bisa. menjaring calon mahasiswa yang lebih banyak dan mendapat respons publik semakin baik. Demikian pula pelaksanaan serentak tersebut semoga bisa memberikan respon positif untuk pimpinan, struktural, tenaga kependidikan terlebih mahasiswa baru.

Categories: KELEMBAGAAN