SEMARAK PAWAI TA’ARUF RAMAIKAN KOTA TAPE

        Tradisi dari tahun ke tahun kota Bondowoso yang dalam hal ini dikenal dengan sebutan kota tape telah mengadakan pawai ta’aruf dengan meneglilingi rute yang telah ditentukan. Dengan berbagai kostum islami yang beraneka ragam dan diiringi dengan lantunan sholawat dengan versi yang berbeda pula. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara bhineka tunggal ika, yang dikemas dalam bingkai pawai ta’aruf. Pawai ta’aruf kali ini mengambil tema” Membangun generasi Milenial menuju Bondowoso Melesat dalam Bingkai Iman dan Taqwa” yang dibuka langsung oleh Bupati Salwa Arifin. Tepatnya  hari selasa pada tanggal 30 April 2019/1440 H pawai ta’aruf ini dilaksanakan bertujuan untuk mensyiarkan islam, sebagai ungkapan kegembiraan yang dirasakan ummat islam dalam mmenyambut bulan Ramadhan serta mempublikasikan khasanah budaya islami.
      STAI AT-TAQWA BONDOWOSO satu satunya perguruan tinggi di Bondowoso yang berpartisipasi dalam pawai ta’aruf, diikuti ribuan pasukan keilmuan baik dari kalangan pimpinan, dosen, karyawan, maupun mahasiswa. Diturjunkan langsung dengan start depan gerbong maut. Tidak hanya tingkat perguruan tinggi saja, akan tetapi pawai tersebut diikuti oleh ribuan pelajar baik dalam tingkat SD/MI, SMP/MTS, serta SMA/MA.
         Adapun kostum dari  jajaran pimpinan dan dosen serta karyawan adalah dengan menggunakan baju koko putih, bersarung dilengkapi dengan sandal jepit alias caplek. Sedangkan untuk mahasiswi beralmamater bawahan rok hitam dan dilengkapi dengan sepatu untuk mahasiswa menggunakan almamater, bersarung dan dilengkapi dengan sandal pula. Kostum ini memiliki filosofis tersendiri dengan menunjukkan bahwa STAI AT-taqwa adalah kampus santri berkeadaban yang berpenampilan sederhana namun keilmuwannya tingkat tinggi.
       Diiringi oleh UKM group Hadra “Habsyi” dengan melantunkan sholawat yang menyejukkan hati para pendengarnya. dengan tampilan kekhusyuan vokalis dan alat-alat hadrah yang menggertakkan alunan sholawat yang dibacanya. Tidak ada rasa Lelah maupun capek ditambah dengan terik panasnya matahari akan tenggelam semua jika kita terhipnotis dengan pembacaan sholawat Nabi Muhammad S.A.W.Shollu alannabi.

Categories: Uncategorized