Pembinaan BTQ Sebagai Upaya mempersiapkan Alumni yang Ilmiyah, Amaliyah & Khuluqiyah

Kemampuan membaca Al Quran sudah seharusnya dimiliki oleh setiap muslim. Walaupun dalam kenyataan masih banyak individu yang berkebutuhan bimbingan dan perhatian khusus terutama ditengah komunitas pelajar mulim dan bahkan mahasiswa. Sebagai seorang calon mundzirul qawm yang akan terjun dalam masyarakat majemuk setidaknya mahasiswa haruslah memiliki keterampilan secara fashih dan mampu menterjemahkan nilai-nilai Al Quran secara baik dan benar.
Al Quran adalah prototipe dari segala buku yang melambangkan ilmu pengetahuan dan peradaban, sehingga ketika al Quran dapat terpelihara lewat media membaca dan bahkan menghafal bisa menghantarkan seseorang bahagia dunia dan akhirat.Mengapa harus terampil mengaji, membaca al Quran dan menulis arab? Mengapa membaca al Quran dan menulis arab termasuk keterampilan? Bagaimana cara membekali mahasiswa keterampilan membaca Al Quran dan menulis Arab yang baik? sudah menjadi hal yang pasti dibutuhkan dan bahkan sebagai sarana pokok dalam bermuámalah dengan masyarakat. Pertanyaan tersebut menjadi beberapa sebab dan latar belakang kegiatan ini.Secara terminologis, keterampilan artinya “kemampuan atau kecakapan untuk menerapkan prinsip-prinsip atau teori-teori umum dalam situasi-situasi khusus yang dihadapi secara benar dan proporsional“. Pengertian keterampilan sebenarnya memiliki dimensi yang sangat luas, mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. Lahir dan batin, individual dan social, duniawiyah dan ukhrowiyah.
Dengan keterampilan yang multi tersebut mahasiswa diharapkan “siap hidup” di setiap persoalan. Artinya dengan kematangan pendidikan multi terampil yang diberikan mahasiswa mampu bertahan dan dapat menyelesaikan persoalan dengan dinamis, efektif dan efesien.
Unit Pengembangan Terpadu (UPT) yang dalam hal ini fokus pada persoalan upaya pengembangan bahasa dan urusan keagamaan yang bersifat non Formal di STAI AT-TAQWA Bondowoso, menyuguhkan program dan kegiatan matrikulasi baca tulis Al Quran untuk menyiapkan kader-kader pemimpin ummat formal dan atau non formal, mendekatkan diri kepada al Quran sebagai media tazkiyah ditengah hiruk pikuk bangsa yang semakin tidak terarah sehingga siap berkiprah di tengah-tengah masyarakat secara global.Kegiatan ini bertujuan untuk a. Terbinanya insan akademis yang berakhlaqul karimah dan berketerampilan baca tulis Al Quran dengan baik dan benar b. Tertanamnya nilai-nilai Al Quran sehingga tercipta individu yang amaliyah ilmiyah dan ilmiyah amaliyah. c. Terbinanya insan yang terampil berkiprah dan bermanfaat dalam kehidupan masyarakat religius.
Program Matrikulasi kemampuan BTQ dilaksanakan sebanyak 12 kali pertemuan pada jam pra kuliah pukul : 09.00 – 10.00 WIB

Kurikulum Dasar Program
KURIKULUM DASAR
PROGRAM MATRIKULASI KEMAMPUAN BTQ
STAI AT TAQWA BONDOWOSO
Makharijul Huruf wa Sifaatuha Tutorial dan praktikum
(Hukum Nun sukun dan Tanwin )
Idzhar dan Idhgham Tutorial dan praktikum
Idzhar dan Idhgham Tutorial dan praktikum
Iqlab dan Ikhfa Tutorial dan praktikum
Iqlab dan Ikhfa Tutorial dan praktikum
Hukum Mim Sukun Tutorial dan praktikum
Bacaan Ghorib Tutorial dan praktikum
Bacaan Ghorib Tutorial dan praktikum
Istilah bacaan al Quran
(tafkhim, tarqiq) Tutorial dan praktikum
Ál Waqfu wal Ibtida’ Tutorial dan praktikum
Ál Waqfu wal Ibtida’ Tutorial dan praktikum

adapun susunan penanggung jawab dan pelaksana kegiatan ini sebagai berikut :
Pelindung : Drs. H. Ahmadi M.Pd.I
Pengarah : Pembantu Ketua I, II dan III
Penanggung Jawab : UPT Bahasa dan Keagamaan
Dosen Pembina : Abdul Ghoffar S.Pd.I, M.Pd.I /PAI.B
Muhammad Abdul Hafidz S.Pd.I, M.Pd.I /PAI.A
Saiful Kuriniawan S.Pd.I. M.Pd.I /PAI.C
Firdausih S.Pd.I M. Pd.I /MPI A
Fitrih Nurhidayat S.PdI, M.Pd.I /MPI.B
H. Taufiqurrahman S.Pd.I, M.Pd.I /PAI.

Categories: Uncategorized