PROGRAM STUDI PGMI DAN MPI SIAP MENGHADAPI AKREDITASI PERDANA PADA TAHUN INI

Akreditasi merupakan pengakuan formal terhadap mutu dan kelayakan institusi (Perguruan Tinggi) yang dilakukan oleh badan independen. Akreditasi dapat dijadikan tolak ukur dalam menilai sejauh mana mutu dari Perguruan Tinggi. Salah satu yang mempengaruhi mutu suatu Perguruan Tinggi adalah kualitas dari Program Studi yang ada didalamnya. Berangkat dari hal inilah, maka pada tahun ini dua Program Studi baru di STAI At-Taqwa yaitu PGMI dan MPI akan melaksanakan akreditasi.
Berbagai upaya telah dilakukan oleh STAI At-Taqwa, utamanya pengelola program studi yang akan diakreditasi yaitu Kaprodi PGMI dan Kaprodi MPI. Mulai dari pembentukan Tim Borang Akreditasi Prodi yang telah dibentuk jauh-jauh hari, yaitu pada pertengahan 2018 lalu, hingga penyelesaian borang Program Studi. Melalui upaya dan kerja keras dari Tim Borang serta dukungan dari pihak kampus, Alhamdulillah Borang Prodi dapat terselesaikan dengan baik dan berhasil diajukan (di-upload) ke SAPTO Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Maret lalu.
Untuk menyelesaikan Borang Prodi ini tidaklah mudah, terdapat 7 standar yang harus dilaporkan dalam pengajuan Akreditasi. Adapun ketujuh standar tesebut meliputi 1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian; 2. Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu; 3. Mahasiswa dan Lulusan; 4. Sumber Daya Manusia; 5. Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik; 6. Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi; 7. Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama.
Terselesaikannya Borang Prodi ini tidak lepas dari jerih payah dan kerja keras dari Tim Borang Prodi. Hampir setiap hari tim yang terdiri dari dosen dan staf administrasi ini mengerjakan ketujuh standar yang harus dilaporkan. Tidak jarang rapat ataupun Forum Group Discusion untuk membahas borang prodi dilakukan hingga malam ataupun dini hari. Disela-sela kesibukan dosen dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab profesionalnya yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, dosen yang tergabung dalam tim tidak pernah lalai dalam mengemban tugas tambahan untuk menyelesaikan borang akreditasi ini. Bahkan salah satu anggota tim yang merupakan satu-satunya Sri Kandi di tim borang “Ibu Wafi Ali Hajjaj” harus rela membagi waktunya untuk keluarga, kampus dan tim borang demi suksesnya proses akreditasi prodi.
Setelah berhasil melakukan proses peng-upload-an borang, tugas dari tim borang belumlah berakhir. Hal yang tak kalah pentingnya adalah mempersiapkan dokumen pendukung sebagaimana tercantum dalam borang. Persiapan kelengkapan dokumen pendukung dilakukan tidak lain guna menghadapi visitasi oleh Asesor yang insyaAllah beberapa waktu kedepan akan dilaksanakan. Untuk mensukseskan visitasi tersebut tim borang selalu gigih mempersiapkan beberapa dokumen pendukung dari ketujuh standar di atas. Ramadhan-pun tidak menjadikan alasan bagi Tim untuk bersantai-santai dalam menyelesaikan kelengkapan dokumen pendukung borang.
Pekerjaan pengisian borang jika dilihat sepintas memang tampak sederhana, namun apabila kita sudah masuk kedalamnya ternyata tidak semudah dan sesederhana yang kita bayangkan. Untuk itulah, kepada segenap civitas akademika STAI At-Taqwa mohon doa dan dukungannya semoga proses akreditasi Program Studi PGMI dan MPI pada tahun ini berjalan lancar dan sukses sesuai harapan kita bersama serta memperoleh ridho dari Allah SWT. Amin. (M.Ikrom)

Categories: Uncategorized